>

11 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan
Jus buah semangka segar untuk tubuh sehat



11 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Khasiat buah semangka untuk kesehatan tubuh sangatlah besar sekali. Menurut para ahli buah satu ini mampu memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh agar bekerja secara maksimal.

Buah semangka sendiri tergolong dalam buah tropis yang mengandung banyak air di dalamnya. Selain segar dan lezat ketika dikonsumsi, kandungan gizi dalam semangka tersebut juga sangat bermanfaat bagi manusia.

Manfaat buah semangka tidak hanya pada kesehatan saja, namun buah satu ini dipercaya juga berkhasiat untuk merawat kecantikan secara alami. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu lagi mengonsumsi buah semangka secara rutin setiap harinya.

Nutrisi dan Kandungan Gizi Buah Semangka

Semangka termasuk kedalam tanaman dari anggota cucurbitaceae botani
Dalam sepotong semangka yang dibentuk dadu dengan berat 152 gram, mengandung nutrisi antara lain seperti:

- 43 kalori
-  0 lemak
- 2 gram natrium
- 11 gram karbohidrat (termasuk 9 gram gula dan 1 gram kalori)
- 1 gram serat alami.

Apabila kita lihat dari kandungan nutrisi berupa vitamin, dalam secangkir buah tersebut mampu memberikan 17 % dari vitamin A, 21 % vitamin C, 2 % zat besi, dan 1 % kalsium dari kebutuhan harian Anda.

Kandungan-kandungan nutrisi itulah yang menyebabkan khasiat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan cukup besar. apa saja khasiat buah semangka satu ini? berikut informasi selengkapnya.

Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh
Pangkal buah semangka mengandung kalium tinggi 


Pada sektor kesehatan, konsumsi buah semangka secara rutin akan mampu memelihara sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Atau dengan kata lain manfaat semangka bagi kesehatan mampu mencegah munculnya berbagai macam penyakit.

1. Memelihara kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ vital yang ada dalam tubuh kita, tanpa adanya ginjal darah dalam tubuh tidak akan bersih dan terbebas dari racun.

Konsumsi buah semangka dipercaya dapat membantu kinerja ginjal, sebab buah satu ini mengandung kalium yang cukup tinggi. kandungan kalium ini dipercaya mampu melarutkan berbagai macam racun dan kotoran pada bagian ginjal.

Tidak hanya bermanfaat untuk memelihara kesehatan ginjal saja, namun kalium tersebut juga dapat menekan kadar asam urat berlebih di dalam tubuh Anda.

2. Mencegah munculnya sariawan

Sariawan dapat muncul disebabkan karena mulut kering dan pengaruh kuman. Untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi buah semangka yang kaya akan air dan vitamin.

Dengan kandungan air tinggi dan vitamin C, buah semangka cukup baik untuk mengobati sariawan yang sedang Anda derita. Manfaat semangka satu ini hampir mirip dengan manfaat buah jeruk yang kaya vitamin C.

3. Mengurangi resiko hipertensi dan stroke

Munculnya hipertensi dan stroke dapat disebabkan karena adanya pengerasan dinding pembuluh darah dan bahkan penyempitan. Buah semangka mengandung karotenoid yang dipercaya mampu mencegah pengerasan dinding pembuluh darah/vena.

Dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin, maka pengerasan dinding pembuluh darah tidak akan terjadi dan penyakit hipertensi ataupun stroke dapat dicegah secara maksimal.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah semangka terkait jantung dapat muncul karena adanya kalium. Kandungan kalium selain bermanfaat melarutkan kotoran pada ginjal, kandungan tersebut juga cukup baik untuk membersihkan plak pada bagian dinding pembuluh darah.

Plak inilah yang sering menyebabkan munculnya serangan jantung. Seperti kita ketahui bersama, serangan jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia, hampir setiap 1 menit manusia meninggal karena penyakit tersebut.

5. Sumber anti-inflamasi dan antioksidan

Buah semangka kaya akan kandungan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid dan flavonoid masing-masing berperan untuk mengurangi peradangan akibat dari radiasi radikal bebas berbahaya bagi tubuh.

Sedangkan untuk kandungan triterpenoid dipercaya mampu bertindak sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita terhadap berbagai serangan penyakit.

6. Mengurangi otot nyeri

Setelah berolahraga pastinya otot akan terasa nyeri, untuk mengatasi kondisi tersebut Anda dapat mengonsumsi buah semangka secara rutin.

Menurut ahli buah satu ini sangat baik untuk mengurangi nyeri otot setelah berolahraga, bahkn semangka juga banyak dikonsumsi oleh para atlet 
Nasional dan Internasional.

Munculnya khasiat buah semangka bagi otot nyeri ini disebabkan karena adanya kandungan asam amino L-Citrulline. Kandungan ini bersifat sebagai pembangun sel-sel otot yang mengalami kerusakan.

7. Meningkatkan kekuatan pria

Inilah khasiat buah semangka yang paling banyak diminati oleh kaum adam. Menurut  Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, dikutip dari sciencedaily, buah semangka mengandung berbagai macam mineral yang dapat mencegah ejakulasi dini dan masalah lemah syahwat.

Tidak cukup meningkatkan kekuatan para pria saja, tetapi kandungan mineral alami tersebut ternyata juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina pada wanita.

Khasiat Buah Semangka Untuk Kecantikan

Manfaat buah semangka untuk kecantikan kulit
Masker buah semangka untuk kecantikan 

Memang manfaat buah semangka bagi kesehatan cukup besar, tetapi jangan menyepelekan khasiat semangka untuk kecantikan. Sebab buah satu ini dipercaya mampu meningkatkan kecantikan seorang wanita secara alami dari dalam.

8. Semangka anti penuaan dini
Siapa sih yang ingin kulitnya menua:? Pastinya semua orang ingin tampil selalu awet muda. Nah untuk mewujudkan kulit nampak awet muda, silahkan Anda konsumsi buah semangka secara rutin.

Menurut para ahli, buah semangka mengandung vitamin C dan A yang bersifat sebagai antioksidan. Sifat antioksidannya inilah yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kerutan, keriput, dan garis-garis di wajah tanda penuaan dini.

Lebih baik lagi, Anda juga mengimbangi konsumsi semangka tersebut dengan menggunakan masker buah semangka. Caranya cukup haluskan buah semangka dan gunakan sebagai masker wajah 30 menit.


9. Menjaga kelembaban kulit

Manfaat buah semangka untuk kecantikan berikutnya adalah mampu menjaga 
kelembaban kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, konsumsilah buah semangka secara rutin. Sebab dengan kandungan air yang cukup tinggi, buah semangka akan membuat kulit Anda nampak lebih lembab secara alami.

10. Mengurangi minyak berlebih di wajah

Munculnya minyak berlebih di wajah dapat disebabkan oleh adanya pori-pori besar. dengan kandungan vitamin A, buah semangka dipercaya mampu mengecilkan pori-pori wajah dan mencegah minyak berlebihan muncul.

Anda bisa mendapatkan khasiat buah semangka tersebut dengan menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin sebelum tidur malam dan setiap bangun pagi harinya.

11. Mampu meremajakan sel-sel kulit

Khasiat buah semangka bagi kecantikan terakhir adalah mampu meremajakan sel-sel kulit. buah satu ini mengandung berbagai nutrisi di dalamnya, termasuk kandungan vitamin sampai dengan mineral alami.

Kandungan-kandungan nutrisi semangka inilah yang diperlukan kulit untuk melakukan regerenasi sel-sel baru. Anda bisa mendapatkan kulit cerah dengan menggunakan masker buah semangka setelah mandi.

Itulah beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat saya sampaikan. Agar semua manfaat semangka diatas bisa Anda dapatkan, silahkan konsumsi secara rutin setiap harinya.
Semoga dapat bermanfaat... !


Share: