>

11 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan
Buah rambutan kaya akan manfaat


11 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh – Rambutan merupakan buah yang muncul secara musiman. Biasanya buah rambutan berwarna merah, namun sebenarnya ada juga rambutan yang berwarna lain seperti kuning dan perpaduan antara merah dan kuning.

Saat matang, buah rambutan sangat manis sekali rasanya. Tak ayal rasa manis rambutan tesebut banyak dimanfaatkan untuk membuat jus, puding, 
dan berbagai olahan makanan lainnya.

Namun dibalik rasa manis dan lezatnya tersebut, khasiat buah rambutan untuk kesehatan cukup besar sekali. Sebelum saya membahas khasiat dan manfaat buah rambutan untuk kesehatan, kandungan buah rambutan berikut ini terlebih dahulu.

Kandungan Nutrisi Buah Rambutan

Kandungan nutrisi buah rambutan cukup lengkap sekali, mulai dari kandungan nutrisi dalam bentuk vitamin sampai dengan mineral alami.

Adapun kandungan gizi buah rambutan antara lain:

- Karbohidrat
- Kandungan protein
- Serat cukup tinggi
- Kandungan vitamin A
- Kandungan vitamin C
- Mineral kalsium
- Mineral fosfor
- Magnesium
- Mangan
- Zat besi
- Zinc
- Mineral niacin
- Mineral potassium, dll.

Kandungan-kandungan itulah yang menjadikan manfaat buah rambutan bagi kesehatan dan pengobatan cukup tinggi. Apa sajakah khasiat buah rambutan bagi kesehatan itu? berikut informasi selengkapnya.

Khasiat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mampu menjaga kesehatan mata

Buah rambutan merupakan jenis buah yang mengandung nutrisi vitamin A yang cukup tinggi. seperti halnya wortel, manfaat buah rambutan akibat vitamin tersebut adalah menjaga kesehatan mata Anda.

Kandungan vitamin A akan bertindak sebagai antioksidan yang cukup baik untuk menangkal radikal bebas penyebab degerenasi makula pada organ mata.

Seperti kita ketahui bersama, degerenasi makula tersebut dapat menyebabkan munculnya rabun, katarak, dan bahkan kebutaan.

2. Mencegah dan mengobati radang tenggorokan

Sariawan, bibir pecah-pecah, panas dalam, dan sakit tenggorokan merupakan gejala peradangan. Untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi buah rambutan secara rutin.

Buah rambutan mengandung senyawa vitamin C yang cukup tinggi, kandungan ini dipercaya bertindak sebagai anti-inflamasi yang mampu mencegah peradangan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh haruslah Anda jaga dengan baik. Sebab jika sistem kekebalan tubuh menurun, maka Anda akan mudah sekali terserang penyakit. Terutama penyakit-penyakit umum seperti flu, pilek, batuk, demam, dan sebagainya.

Manfaat buah rambutan untuk meningkatkan sistem imun cukup menakjubkan sekali. Buah berwarna merah ini mengandung berbagai vitamin yang bersifat sebagai antioksidan. Sehingga baik untuk membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

4. Mengatasi penyakit hipertensi

Tekanan darah tinggi dapat muncul apabila tubuh Anda mendapatkan asupan senyawa natrium secara berlebihan. Karena kandungan natrium tersebut lama kelamaan akan mengumpal di pembuluh darah dan menyebabkannya menjadi sempit, akhirnya aliran darah menjadi lebih kencang.

Kondisi hipertensi jika dibiarkan akan membuat kinerja jantung dalam memompa darah semakin sulit, oleh sebab itu atasi segera agar Anda tidak terkena penyakit serangan jantung yang mematikan itu.

Buah rambutan bisa membantu Anda mengatasi hipertensi, mengingat buah satu ini mengandung kalium tinggi yang mampu melebarkan pembuluh darah dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

5. Mengatasi anemia

Inilah manfaat buah rambutan yang paling spesial (menurut saya), dikatakan spesial karena buah rambutan selain mampu menurunkan tekanan darah tinggi, kandungan berbagai senyawa mineral dalam buah ini juga mampu meningkatkan jumlah hemoglobin (HB) dalam darah.

Meningkatnya HB sangatlah baik bagi penderita anemia. Sebab penderita anemia sendiri biasanya memiliki hemoglobin atau sel darah merah yang cenderung minim.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Bagi Anda yang takut kadar kolesterolnya tinggi, maka saya sarankan untuk segera mengonsumsi buah rambutan. Kenapa? Karena buah ini menurut banyak ahli dipercaya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sekaligus menekan kadar kolesterol jahat.

Namun untuk mendapatkan manfaat buah rambutan secara maksimal, 
silahkan kombinasikan konsumsi  buah rambutan dengan makanan-makanan berserat tinggi lainnya, seperti buah pepaya dan alpukat.


7. Melancarkan sistem pencernaan

Berbicara soal serat, buah rambutan juga termasuk kedalam buah dengan kandungan serat cukup tinggi sob, hampir mirip dengan kandungan serat dalam buah pepaya.

Kandungan serat tersebut jika dikonsumsi sangatlah bermanfaat, sebab serat dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh dan mengatasi berbagai masalah/gangguan pencernaan. Mulai dari sembelit, diare, sampai dengan disentri.

8. Baik untuk diet sehat

Meskipun rasanya cukup manis, tetapi kandungan gula dalam buah rambutan tidak akan membuat berat badan Anda naik. Malahan kandungan mineral alami dan serat larutnya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Maka dari itu jangan ragu lagi deh memasukan buah rambutan kedalam menu diet sehat Anda mulai dari sekarang. Namun agar lebih lezat, campurkan buah rambutan kedalam jus buah-buahan.

9. Mencegah kanker mematikan

Tahu kan penyakit kanker? Penyakit satu ini setiap 1 menit sudah membunuh 1 orang dari seluruh penjuru dunia. Sulitnya mengobati kanker menjadi penyebab utama banyaknya korban jiwa. Oleh sebab itu langkah pencegahan harus Anda lakukan mulai sekarang.

Anda dapat mencegah kanker dengan konsumsi buah rambut secara rutin, buah satu ini diperkaya dengan kandungan antioksidan, yang mana kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas penyebab munculnya kerusakan sel (penyebab pertumbuhan sel kanker).

10. Baik untuk merawat ginjal

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan selanjutnya terkait dengan ginjal. Organ penyaring darah dan urine ini akan bekerja maksimal apabila Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan serat larut dan kalium yang tinggi.

Salah satu makanan yang mengandung kalium dan serat tersebut adalah buah rambutan. Konsumsilah buah rambutan secara rutin minimal 3 butir setiap hari agar ginjal Anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

11. Mengatasi gejala awal kehamilan

Gejala-gejala awal kehamilan seperti pusing, mual, dan muntah-muntah memang sangatlah wajar sekali terjadi. Bahkan hampir setiap wanita yang hamil pertama kali pasti mengalami kondisi semacam itu.


Mungkin sebagian ibu hamil mengatasi pusing sakit kepala dengan konsumsi aspirin, akan tetapi cara tersebut sebenarnya sangat tidak baik untuk janin yang dikandung. Sebab dapat menimbulkan gangguan sistem 
saraf si kecil ketika lahir nantinya.

Untuk mengatasi kedua gejala kehamilan tersebut, saya sarankan Anda mengonsumsi buah rambutan. Rasa khas dan manis dari buah ini tidak akan membuat Anda eneg atau ingin muntah, malahan kandungan mineral essens dalam buah ini mampu menenangkan sistem saraf Anda dan meredakan sakit kepala.

Itulah beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan yang dapat saya sampaikan. Tidak perlu membuat rambutan menjadi jus ataupun makanan lain, sebab menurut saya konsumsi rambutan secara langsung jauh lebih nikmat dan praktis dari pada mengolahnya.

Semoga dapat bermanfaat guys... !



Share: